Home » , » Kumpulan Tutorial Persiapan Party DDN Desert Dragon Nest Indonesia

Kumpulan Tutorial Persiapan Party DDN Desert Dragon Nest Indonesia

Written By yoyoyo on Sabtu, 05 April 2014 | 09.27


Kumpulan Tutorial Persiapan Party DDN Desert Dragon Nest Indonesia

Kumpulan Tutorial Persiapan Party Desert Dragon Nest Indonesia
Persiapan dan Line Up DDN- Dragonest Indonesia
Desert Dragon Nest : Persiapan dan Line Up

Strategi Umum
Tanker untuk aggro
Support untuk heal dan buff
Support untuk reduce damage
Support untuk debuff - damage
Cooldown booster
Movement booster
Main damager yang bisa memberi debuff.
Super Armor untuk beragam fungsi dan situasi.

Kumpulan Tutorial Persiapan Party DDN Desert Dragon Nest Indonesia


Pemenuhan Line Up
Tanker terdapat dua macam job, yaitu Guardian dan Crusader. Disini DDN memiliki resist 50% light attack, sehingga Crusader type DPS dipertanyakan fungsinya. Apabila mengambil Guardian, party tidak mendapat support ekstra DPS. Namun, Guardian bisa memenuhi strategy nomor 8 untuk super armor dengan cooldown yang cepat. Dan bisa memberi ekstra debuff damage bagi phisik ( crusader juga )  dari armor break.
Support untuk heal dan buff, sangat jelas hanya ada 2 job untuk tulisan ini. Yaitu Inquisitor dan Saint. Seperti yang terjadi pada crusader, nampaknya Inquisitor akan memiliki waktu yang berat di DDN karena resist Light 50%.
Support untuk reduce damage. Disini ada 3 job yang bisa mereduce damage secara efektif. Yaitu Priest ( MR , buff defense ) , Engineer ( Trans Damage ), Merce ( taunting dan devas howl ).
Support untuk debuff damage ada banyak char, namun kita rank dari paling atas. Elestra ( 100% ), Dancer ( 70% ), SM (50% ), Physician ( 20% all + 24% kalau magic ), mirror FU ( 35% magic ),  Bulls Eye Hunter ( 30% ), dll.
Cooldown booster. Disini ada 3 char yang memenuhi yaitu FU ( 80% ), Acro ( 40% ), dan Alchemist ( 14% ).
Movement booster. Dipenuhi oleh 2 job, yaitu Acrobat dan Academic.
Disini adalah kelas top rank hitter di DDN. Artillery ( 30% bulls eye ), Sniper ( 30% bulls eye ), Shooting Star ( 30% crit resist reduce  dan 15% elemen reduce ),  Tempest ( 30% physical dari  binding shot ), Windwalker ( no debuff ), Gearmaster ( 30% crit resist dan 15% element ), dll.
 Super armor disuplay oleh 3 class. Merce ( panic howl ), Guardian ( Guardian Force ), dan Screamer ( Grudge Formation ).

Pemilihan Job berdasarkan Strategy Party DDN Desert Dragon Nest Indonesia
Perlu diperhatikan bahwa saya memilih posisi job berdasarkan kegunaan di party, dan ini persis seperti ide umum party raid di SEA. Buat yang jobnya tidak masuk, harap tidak mengamuk ataupun protes dengan segala logika. Just deal with it!

Posisi nomor 1, prefer ke Guardian. Karena job ini bisa memenuhi strategi nomor 1 dan nomor 8.
Posisi nomor 2, prefer ke Saint. Karena AoE dari Healing relic - Ex serta Holy Shield.
Reduce damage, prefer Saint ( karena cover nomor 2 dan 3 ) serta Engineer ( cover nomor 3, 4,6, dan 7 )
Debuffer damage . Diambil 2 teratas yaitu Elestra dan Dancer. Namun disini skill dancer tidak bisa dispam karena cooldownnya lama. Disini party lebih prefer SM karena bisa spam Provoking Slam / luring.
Cooldown booster. Diambil 2 teratas, yaitu Acrobat dan FU.
Movement booster. Sudah dicover Acro dan Engineer.
Ambil nomor 1 atau nomor 2 untuk main damager. Kalau ada rank di sekitar 3 ~ 6 di party anda, itu adalah bonus dan dapat dijadikan alternatif damager apabila makhluk di rank 1 dan 2 ada yang mati.
Super armor dari Guardian Force.


Kumpulan Tutorial Persiapan Party DDN Desert Dragon Nest Indonesia


Line Up Standard
Guardian
Saint
Gladiator
Smasher
Elestra
Engineer
Bowmaster
Acrobat

Standard Party DDN Desert Dragon Nest Indonesia
Crusader
Mercenary
Saint / Inquis
Smasher/ Dancer / Acrobat
Gladiator / Moonlord
Engineer
Bowmaster
Elestra / Saleana

Tidak Standard Party DDN Desert Dragon Nest Indonesia
Guardian
Mercenary
Saint / Inquis
Smasher / Dancer / Acrobat 
Gladiator / Moonlord
Engineer
Bowmaster
Elestra / Saleana

Kumpulan Tutorial Persiapan Party DDN Desert Dragon Nest Indonesia
Analisis Job versi Penulis
Kali ini saya sampaikan analisis saya mengenai beberapa job yang sudah malang melintang di DDN. Disini merupakan pendapat dari saya, sehingga debat terbuka bisa dilakukan di kolom komentar.

Guardian. Job ini sebenarnya tidak mendapat benefit banyak dari skill - ex barunya. Namun sekali lagi, Guardian Force Owning! Job ini adalah alternatif healer utama di nest dan Dragon Fellowship. Dan saya hanya mengatakan ini sekali dan saya harap teman-teman guardian tidak menyesalinya. Provoke harus max dan memakai +1, karena ada 4 class yang bisa menggunakan provoke di raid. Yaitu Cheating Point, Alpedo, Mecha Shock - Ex, dan taunting howl. Kalau anda tidak bisa mengurus aggro dengan benar, untuk apa membawa paladin?

Crusader. Eksistensi Cruz belakangan sudah tersudut hanya di PvP. Kebanyakan pula untuk nest, banyak yang menolak bersama Crusader. Sudah bukan rahasia lagi, skill offensive mereka lebih dominan daripada skill tanknya. Namun sebenarnya bagi saya, kesalahan terbesar developer adalah memberi Guardian buff super armor party, sama seperti memberi physician support party yang dapat membuat Adept menjadi dead class.
Saint. Sekali lagi, job ini adalah salah satu dari sekian job yang mendapat Ex skill yang luar biasa. AoE healing relic yang berdiameter 30 meter, dan cure relic yang bisa dicast dalam keadaan terdisable membuat job ini most wanted healer di setiap situasi. Tak terkecuali DDN.
Inquisitor. Sebenarnya damage dari job ini bisa dibilang tinggi. Salah satu job favorit di nest apabila party memiliki damage di atas rata-rata. Namun sayang, kalau slot untuk healer hanya satu di DDN maka kita semua akan tahu kemana party akan cenderung memilih. Namun untuk party dengan dua healer, Inquisitor salah satu pilihan terbaik.

Tempest ataupun Windwalker. Saya sebenarnya tidak merasakan manfaat ekstra selama bermain Shooting Star bersama Tempest, hanya beberapa player yang bisa saya lihat memiliki "soul" tempest. Namun seperti banyak artikel saya lainnya, acrobat di DDN adalah salah satu sub-DPS terbaik bersama Engineer. Tidak masalah antara Tempest ataupun Windwalker, selama timing SB nya benar dan mampu menyerang target dengan efisien. Slot Acro hampir 100% selalu ada dalam setiap line up nest ataupun Raid.

Dancer. Kelas yang masih abu-abu bagi saya, dan saya memang tidak ada minat untuk menyelami lebih jauh. Namun satu hal yang pasti, Dark Elf Dance sangat overpower. Saya sendiri sudah merasakan skill ini, dan saya sarankan untuk +1 untuk support party.
Moonlord. Kelas ini mendapat boost skill di cyclone - Ex untuk support party dan self boost damage. Sebenarnya job ini memiliki damage yang tinggi dan keuntungan jarak yang superior. Sangat bagus bila dipasangkan dengan FU / Artillery / Physician. Permintaan job ini agak rendah di Nest dan Raid, dan hampir zero untuk Dragon Fellowship.

Gladiator. Kalau boleh saya berpendapat, apabila skill Finish Attack adalah skill di tree Swormaster mungkin Moonlord yang akan berada di mana-mana. Sebenarnya job ini memiliki damage yang lumayan tinggi juga, namun sekali lagi Gladiator tidak memiliki keuntungan jarak serangan. Saya sendiri ada momen spesial sekali dengan salah satu Gladiator. Ketika bar HP PKN Normal x2,1 si Gladi langsung cast FA, dan Hulk langsung terpotong mati. Lucunya, saya sendiri sudah berniat kill steal ( Sengaja simpan skill ) ketika mencapai bar x0,5 dengan kombinasi Sky Line + Splash. Well that was unexpected moment and full of awesomeness. Saya sempat inspect sebentar, memakai +13 senjata L, neck + earring GA, ring skill +1, armor GA, dan beberapa plate 3rd FD.

Destroyer dan Barbarian. Saya tampilkan keduanya karena disini ada sedikit keanehan. Untuk nest 4 orang, permintaan akan job ini sangat tinggi di publik. Mungkin party umum lebih terbiasa melihat angka-angka tinggi di kolom keterangan daripada debuff damage yang tidak terlihat. Ketika tiba di GDN HC, demand tetap tinggi. Namun ketika masuk di DDN, senyap seperti hantu. Ketika ada party DDN mencari anggota dengan menyebutkan butuh Howler, saya memikirkan 2 kemungkinan. Pertama adalah tankernya Crusader, dan kedua party itu tidak benar-benar tahu apa yang menunggu mereka di DDN. Saya biasa online menghabiskan nyawa gratis sisa dengan mencari party DDN random, dan biasa check di party list apabila ada party seperti di atas. Apabila mencari howler namun tankernya  Guardian, ada dua kemungkinan di kepala saya. Guardiannya "tidak benar" atau newbie, dan party itu tidak tahu apa yang menunggu mereka di DDN.

Shooting Star. Di ID ini, saya memiliki 1 Shooting Star lvl 60, 2 Gearmaster level 60, 1 Physician lvl 60 ( sempat jadi main char 2 bulan ), dan Priest Koplo level 34. Harus saya akui, ketika berganti dari SS ke GM dan masuk nest. Saya seperti orang bodoh, gaya bermain SS dan GM sangat beda jauh di cap 60 ( saya perlu adaptasi skill GM lebih lama agar dapat bermain seefisien GM umumnya ). Berbeda ketika saya berganti dari SS ke Physician atau Smasher, mulus tanpa rintangan. Disini saya mungkin mendapat seperti pencerahan. Dulu ketika saya bermain GM di cap 50, ketika muncul tulisan pillar harus dihancurkan di Naga GDN saya hanya duduk di samping naga melihat teman party menghancurkan pillar. Begitu pula ketika summon mino, saya berharap banyak ke teman party. Ketika cap 60 tiba dengan DDN, semuanya berubah. Dari yang berharap teman akan membantu, menjadi " Anda bisa mengandalkan saya ". Damage? Siapa peduli soal damage Engineer di party, yang mereka tahu hanya mechabomber on, TD max, ada biochemical sama ice tower. Yang party benar-benar peduli soal damage berapa-berapa ketika hendak merekrut Bowmaster ke party.

Gearmaster. Impresi saya, job solo nest terkuat ( kecuali TKN Hell ) di cap 60. Job Engineer terkuat di PvP. GM sangat bergantung kepada Artificial Intelligent ( AI - Kecerdasan Buatan ) dari summon-summonnya. Damage dari job ini sebenarnya standard, namun terus-terusan tiada henti karena summonnya akan terus menyerang meski ownernya melarikan diri. Kelemahannya, yaitu juga kelebihannya adalah AI sendiri. Dimana apabila AI tidak menganggap si A / si B sebagai target maka summon akan mogok kerja. Misalnya pillar, tembok, monster penjaga pillar, dll. Diluar itu, job ini sangat newbie friendly ( saya sangat merekomendasikan bagi anda yang baru bermain DN ).

Smasher. Tidak ada yang istimewa dari job ini di cap 60. Namun karena saudarinya, Majesty terdegradasi akibat resist Elemen DDN maka party mencari yang tidak istimewa ini mengisi slot FU.  Disini saya tidak membahas majesty juga, karena dari tulisan ini anda sudah bisa menebak nasibnya.
Saleana. Sebenarnya, apabila tidak ada elemen resist job ini ada di rank 1 top hitter. Namun Bowmaster memiliki Bulls Eye dan party pasti sudah membawa Elestra untuk ice stacking. Untuk penghematan slot, terpaksa class ini masuk ke peti mati. Dengan demikian saya sudah menjawab tentang elestra.
Sniper dan Artillery. Sekarang, kenyataan di lapangan bukan masalah Artil damagenya lebih besar ataupun Sniper blablabla. Atau pula bukan karena bawa Moonlord / ada FU Artil lebih bagus. Namun sekarang yang terjadi untuk job ini adalah inspeksi equip. Equip hanya +8 siap-siap masuk daftar tunggu. Kelas yang manapun sama saja, usahakan gears anda di atas rata-rata.

Nest Desert Dragon Indoensia
Mana Yang Lebih Baik?
Kali ini saya akan menutup argumen ini sekali untuk selamanya. Ini adalah fakta yang terjadi disini. Dan apabila anda ingin mengubahnya, silakan ubah sendiri di server anda.

Gladiator versus Moonlord. Sekali lagi, ini bukan siapa dengan damage berapa yang terbaik. Jadi saya minta tolong untuk tidak membahas damage siapa terbaik. Tetapi party mencari siapa yang bisa memberikan kill cepat pada last bar monster. Sekali lagi, Gladiator dengan Finish Attacknya mencuri spot. Anda lihat sekali lagi, tidak ada satupun kelas SM di posisi top rank hitter. Jadi tidak masuk akal apabila dibahas detail siapa yang memiliki damage terbesar.

Tempest versus Windwalker. Sekali lagi, Acro disini memiliki tugas utama di Spirit Boost. Jadi tidak masalah siapa yang lebih bagus. Namun untuk party dengan damage di atas rata-rata, menginginkan Tempest dalam line upnya. Terutama bila top hitternya phisik seperti Sniper.
Destroyer versus Barbarian. Disini bukan masalah siapa yang terbaik. Masalah utamanya adalah apakah ada slot untuk Merce? Kalau ada, maka dua-duanya sama baiknya.

Elestra versus Saleana. Sekali lagi, Saleana bagi saya dan orang-orang disini sudah menjadi dead class. Elestra menang tanpa perlawanan.
Sniper versus Artillery. Artillery menang damage konstan, sedang sniper burst. Party kebanyakan prefer Artillery karena damagenya konstan dan memungkinkan party terus menghasilkan damage meski cooldown booster sedang off / mati. Namun sekali lagi, tidak ada party yang berencana untuk mati. Jadi dua-duanya tidak ada masalah. Ingat, 2 job ini ini adalah top rank damager. Sehingga siapa yang memiliki gears lebih baik adalah pilihan utama.
Saint versus Inqui. DDN disini tidak bisa ressu. Party tidak akan berjudi dengan membawa support tanggung macam Inquisitor.
Smasher versus Majesty. DDN resist dark 50% membuat majesty kesulitan menembus line up kecuali memiliki equip mewah. Smasher lebih dipilih. Namun sekali lagi, selama party leader berpikir untuk membawa FU karena Beyond Time maka Majesty atau Smasher tetap sama saja.
Guardian versus Crusader. Satu-satunya dosa crusader di DDN adalah tidak dapat memberikan support super armor ke party sehingga membawa crusader berarti membawa merce di party. Guardian auto win.

 Tutorial Nest Desert Dragon Indonesia
Shooting Star versus Gearmaster. Saya sudah lelah dengan hal ini. Bagi GM lovers pasti akan memberikan data kertas kalau GM damagenya menang blablabla. Saya akan melampirkan 3 rekaman video, tiap video di bawah 50 MB , high quality 600 x 800 pixel, mkv, memiliki suara asli DDN. Dimana Shooting Star melakukan hal yang tidak bisa dilakukan GM, yaitu diandalkan untuk pillar. Ini sepele namun penting, apabila top DPS anda mati maka Shooting Star bisa menggantikan untuk solo pillar. Khusus untuk stage worm, segala jenis summon termasuk Chainsaw dan alpedo akan mati seketika. Anda bisa menilai sendiri mana yang lebih berguna ( bila anda masih waras ) antara SS dan GM di DDN. No offense saya bukan GM haters, saya juga memiliki 2 GM di cap 60. Kalau boleh memilih, saya sudah membawa SS.


Physician versus Adept. Bagi saya, adept sudah dead class.
Blade dancer versus Spirit Dancer. Saya belum mengetahui alasan detail dari prefer mana dan kenapa. Nanti saya update.
Screamer. Jangan tanya Dark Summoner atau Soul Eater. Karena 2-2nya sudah Dead Class.

Info Yang Mungkin Berguna

Plate cure relic dengan cooldown memiliki peranan penting di DDN.

Perhatikan maksimal HP anda. Minimal HP 300K.

Trans Damage adalah key skill untuk reduce damage. Engineer wajib tebal vit untuk mensupport HP alpedo. Tentu saja dengan plate cooldown adalah wajib.

DDN adalah neraka damage phisik dan damage over time semacam burn / poison. Usahakan char anda memiliki plate shining/ iron wall.

Char dengan damage jenis melee ( jarak dekat ) harap berhati-hati di DDN.

Char kelas elemental damage ( inquis , EL , majesty, alchemist ) siap-siap turun kasta dari top rank hitter karena elemental resist DDN 50%.

Apabila anda meyakini apa yang saya katakan di atas itu benar, mulailah buat char baru yang sesuai line up apabila anda menginginkan easy slot. Atau char utama anda sudah masuk line up di atas, saya ucapkan selamat.

Apabila anda meyakini tulisan saya hanya omong kosong dan menjebak. Silakan tulis testimoni anda di artikel ini bagian komentar 2-3 bulan setelah DDN keluar.

Setiap satu stage selesai, anda memiliki kesempatan untuk ke tengah Oase untuk menyembuhkan HP/ MP. Jadi jangan takut untuk kehabisan MP. Dan dari lokasi stage ke Oase diperbolehkan menaiki tunggangan ( misal kuda, domba, babi, dll ).

Disini DDN tidak bisa ressu menggunakan item apapun. Sebaiknya anda mulai belajar mekanik stage sedini mungkin dan belajar untuk menghindari damage seefisien mungkin.
Semua monster di DDN memiliki resist all elemen 50%. Sekian Kumpulan Tutorial Persiapan Party DDN Desert Dragon Nest Indonesia

Terima Kasih udah mau mampir ke Andrekocak Blog , sekiranya bila ada kesalahan dalam kata-kata atau sumber artikel mohon dimaklumi , Admin Blog Ini juga manusia ^_^ . Bila ada Kritik atau saran sihalakan Komentar dibawah , dengan senang hati saya terima kritik dan sarannya Thank's
"Pengunjung Web anda Sepi ? , atau anda mau promosi Produk ? . sekarang di Andrekocak Blog sudah tersedia Space Iklan dengan Harga murah dan terjangkau , Berminat ? Klik disini "
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Situs Boker - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger