Home » » Tips Dan Cara Dapetin Pasangan Hidup Yang Tepat

Tips Dan Cara Dapetin Pasangan Hidup Yang Tepat

Written By yoyoyo on Rabu, 14 November 2012 | 16.30

Tips Dan Cara Dapetin Pasangan Hidup Yang Tepat
Ilustrasi mencari pasangan hidup

Mencari pasangan hidup dapat menjadi petualangan yang mengasyikkan bagi yang menikmati masa lajangnya. Namun juga dapat merupakan pencarian yang panjang bagi seseorang yang tidak berhasil menemukan pasangan hidupnya. Tidak ada manusia yang diciptakan sempurna. Semua manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, pada saat kita mencari pasangan hidup, kita pastilah menginginkan pasangan yang tepat untuk kita.
Mencari pasangan hidup yang tepat adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Dalam hati kita berharap agar Tuhan memberikan kita pasangan yang sesuai dengan harapan dan impian. Sehingga kehidupan rumah tangga akan berjalan menyenangkan dan selalu harmonis. Tetapi akan menyulitkan bagi seseorang yang memasang standar calon pasangan ideal terlalu tinggi. Oleh karena itu bagi seseorang yang kesulitan dalam menemukan pasangan saat ini perlu juga untuk berintropeksi diri.

Mencari pasangan hidup memerlukan banyak pertimbangan. Karena pasangan hidup kita inilah yang akan menemani kita seumur hidup. Tidak ada satu orang pun yang ingin mengalami perceraian. Untuk itulah kita harus benar-benar mencari pasangan hidup yang tepat untuk kita. Perceraian adalah sesuatu yang menyakitkan dalam kehidupan berumah tangga. Carilah pasangan hidup yang dapat mengerti tentang kondisi kita. Baik itu kondisi fisik, finansial dan lain sebagainya.
Ceritakanlah kepada calon pasangan hidup tentang kondisi Anda sekarang dan masa lampau. Jangan menyembunyikan sesuatu yang penting dari calon pasangan hidup, karena itu akan seperti layaknya bom waktu yang akan meledak di masa datang. Tidak ada salahnya jujur dan terbuka antara sepasang calon pasangan hidup, hal tersebut akan membangun rasa hormat dan sayang diantara pasangan tersebut.

Cara Mencari Pasangan Hidup yang Tepat

1. Bertemanlah dengan Banyak Orang
Perluaslah lingkungan pergaulan agar dapat mengenal karakter masing-masing orang dan belajar dari pengalaman ini. Jika kita hanya bergaul dengan satu orang saja, kita tidak akan bisa melihat kelebihan dan kekurangan orang tersebut sehingga kelak jika kita menikah dengannya maka akan banyak penyesalan yang diakibatkan karena ketidaktahuan kita akan karakter pasangan yang sebenarnya.
Berteman dengan seseorang tidak harus memandang latar belakang ekonomi dan pendidikan. Seseorang yang baik tidak diukur dari segi tingkat pendidikan atau hartanya. Cobalah mengenal orang-orang dari berbagai segmen. Misalnya berkenalan dengan orang-orang yang tidak bekerja bersama kita atau dalam satu perusahaan. Dengan semakin banyak kenalan akan membuat kita semakin bijaksana dan mempunyai banyak pilihan calon pasangan hidup.

2. Seiman
Kepercayaan dan agama yang dianut seseorang merupakan prinsip hidup yang sudah mendarah daging sejak kecil. Nilai-nilai yang tertanam sejak kecil akan sangat sulit jika diubah di saat ia dewasa. Karena itu, mencari pasangan hidup haruslah yang seiman agar penyesuaian prinsip menjadi lebih mudah dan tidak bertolak belakang.
Menikah dengan seseorang yang berlainan agama juga dilarang dalam beberapa agama. Oleh karena itu jadikan pilihan menikah dengan seorang lain agama sebagai pilihan yang tidak pernah kita lirik. Cukuplah kita bergaul atau berteman dengan orang yang lain agama. Apalagi orang tersebut adalah tetangga dekat kita, maka pergaulilah mereka dengan baik tanpa perasaan sinis.

3. Carilah di Tempat yang Tepat
Mencari pasangan hidup yang tepat haruslah di tempat yang tepat. Anda bisa membayangkan sendiri bukan, pasangan seperti apa yang akan Anda dapatkan jika Anda mencarinya di tempat hiburan malam misalnya, atau di tempat karaoke dan di tempat-tempat yang penuh hura-hura. Hal yang janggal jika anda mencari pasangan hidup di tempat maksiat tetapi mengharapkan seorang istri sholihah sebagai pendamping di keluarga kelak.
Bila menginginkan seorang pasangan yang sehat dan bugar, tentu saja kita akan memilih tempat olahraga sebagai sarana cari jodoh. Seorang yang selalu berolahraga dengan rutin dapat dinilai sebagai karakter yang memiliki pola hidup yang sehat. Selanjutnya perhatikan tempat tinggal dan lingkungan sekitar rumahnya, apabila rumahnya terurus dengan rapi. Maka dia adalah orang yang tepat untuk menjadi pasangan hidup yang dapat mengatur urusan rumah tangga dengan baik. Dan menjadi seorang istri yang mumpuni untuk membesarkan anak kita kelak.

Bandingkan sekarang jika Anda mendapatkan pasangan hidup di tempat yang berbeda seperti perkumpulan sosial, perkumpulan keagamaan, pertemuan-pertemuan bisnis atau di seminar-seminar. Pasangan yang seperti apakah yang akan Anda dapatkan? Memang sifat dan pemahaman seseorang akan banyak dipengaruhi oleh lingkungannya. Maka sering-sering datang ke perkumpulan atau kegiatan keagamaan untuk beramal sekaligus mencari kenalan yang dapat memberikan kita saran tentang seseorang yang cocok dengan pribadi kita.

4. Kualitas Karakter yang Baik
Pasangan hidup yang baik juga bisa dipilih dengan memperhatikan kualitas karakter yang dimilikinya semasa masa penjajakan. Misalnya saja apakah dia seseorang yang temperamental, bagaimana penguasaan dirinya, bagaimana tanggung jawabnya akan suatu hal, apakah dia seorang yang sabar atau suka tergesa-gesa?

Cobalah terus perhatikan karakter-karakter yang dimiliki oleh pasangan Anda dan sesuaikanlah dengan karakter yang Anda miliki, Jika Anda merasa sudah klop dengan karakternya, berarti dialah yang cocok menjadi pasangan hidup Anda. Cara paling mudah untuk menilai seseorang berkarakter baik atau tidak sangat gampang. Tipnya adalah dengan melihat kualitas agamanya. Seberapa dia beribadah dan beramal baik itu menjadi tolak ukur yang akurat tentang kepribadiannya.

5. Tanyakanlah pada Hati
Hatimu yang terdalam tidak akan pernah salah dalam menilai. Cinta buta memang kadang dapat menutup mata hati sehingga kita tidak dapat melihat kenyataan yang ada. Untuk itu, sering-seringlah bertanya pada hati dan nilailah secara logika akan baik buruknya pilihan kita.
Terkadang manusia menyukai sesuatu yang sebenarnya tidak baik bagi dirinya. Misalnya kebiasaan merokok atau minum bir. Kebiasaan tersebut pasti mendatangkan penyakit pada tubuh namun banyak dari kita yang masih gemar mengkonsumsinya. Tanya kenapa bisa seperti itu? Karena mereka cinta dengan kesenangan sesaat sewaktu merokok dan minum bir tetapi melupakan dampak negatifnya. Mungkin seperti itu ketika cinta buta menutup mata kita, sehingga berbagai saran dan pinangan dari seseorang yang lebih baik malah kita abaikan seraya condong kepada seseorang yang tidak baik menurut pandangan orang tua.

6. Minta Saran dari Orangtua
Pengalaman orangtua akan memberikan masukkan yang baik untuk kita pertimbangkan. Akan lebih mengasyikkan jika kita meminta cerita bagaimana orang tua kita bertemu. Cerita tersebut dapat memberikan inspirasi tentang cara berkenalan dengan calon pasangan yang baik. Orang tua adalah orang yang mengenal kita sejak kita lahir, sehingga mereka adalah pihak yang paling mengerti tentang keadaan pribadi anaknya. Maka jangan pernah mengabaikan saran dari orang tua tentang cara mencari pasangan hidup yang sesuai dengan pribadi kita.

Berdoalah dan Mintalah Petunjuk Tuhan

Tuhan akan mendekatkan jika orang itu memang yang terbaik untuk kita. Dan mintalah kepada Tuhan untuk dijauhkan jika orang tersebut bukan orang yang tepat untuk menjadi pasangan kita. Tuhan akan menunjukkan jawaban dengan caranya sendiri mana yang terbaik untuk menjadi pasangan hidup kita.
Berdoa adalah senjata utama bagi orang yang beriman. Melupakan doa berarti ibarat kita berangkat perang tanpa membawa senjata. Tentu hasilnya adalah kekalahan yang mengecewakan. Mintalah kepada Tuhan Semesta Alam tentang petunjuk pasangan hidup untuk mendampingi kita. Berdoa dengan sedetail mungkin agar perasaan gelisah kita bisa hilang dengan larutnya kita dalam suasana yang khusyuk.
Mencari pasangan hidup terkadang cepat bagi seseorang yang dekat dengan Penciptanya. Karena dia dapat menilai seseorang yang tepat berdasarkan hatinya yang bersih. Hati yang dekat dengan Tuhan akan senantiasa tenang dan damai, untuk menentukan pasangan hidup juga memerlukannya.

Minta Bantuan Fasilitator Untuk Mencari Pasangan Hidup

Cara terakhir ini bisa diambil Jika Anda belum juga mendapatkan pasangan padahal Anda sudah begitu keras berusaha mencari pasangan hidup.
Caranya adalah dengan meminta bantuan dari keluarga, kerabat, kenalan dan teman-teman untuk mencarikan pasangan hidup yang tepat untuk Anda.
Jika masih belum berhasil juga, ikutlah program salah satu stasiun televisi yang sekarang lagi marak untuk mencari jodoh secara terbuka. Siapa tahu dengan mengikuti ini, Anda malah telah mencari pasangan hidup seorang artis idaman.

Klik Iklan Di Blog Ini Dan Komentar Sangat Membantu Blog Ini ^_^
Tips Dan Cara Dapetin Pasangan Hidup Yang Tepat
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Situs Boker - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger